Berita


Kearifan Lokal

Implementasi Kurikulum Merdeka yang mulai diterapkan di SMA Methodist 6 Medan diharapkan mampu menghasilkan SDM yang unggul dalam berbagai bidang di masa depan. Salah satunya dengan cara memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih materi ilmu yang ingin mereka dalami.

Didalam Pembelajaran Seni Musik didalam kurikulum merdeka ini siswa diharapkan dapat memahami dan mencintai budaya yang ada di Indonesia, dalam hal ini siswa di ajarkan untuk memainkan salah satu musik tradisional yaitu alat musik tagading.

Proses kegiatan belajar sangat dipengaruhi oleh minat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Ketika siswa sudah mempunyai minat untuk belajar, maka akan tercapai hasil yang baik. Oleh karena itu, guru harus memikirkan suatu teknik dan metode agar siswa tidak cepat jenuh dalam memulai pembelajaran.

            Di era modernisasi saat ini musik bukan menjadi hal yang awam bagi umat manusia. Musik merupakan suatu hal yang akrab dalam keidupan manusia dari dulu hingga sekarang, baik kalangan tua maupun muda. Seiring perkembangan zaman, musik pun tentu mengalami perkembangan yang begitu pesat mengikuti perkembangan teknologi. Namun, berkembangnya musik modern tentu tidak lepas dari pengaruh musik tradisional. Musik tradisional merupakan musik yang diwariskan secara turun-temurun dan berkelanjutan pada masyarakat suatu daerah.

            Dalam mengembangkan minat siswa SMA Methodist 6 Medan untuk  mempelajari alat musik tradisional harus membutuhkan bimbingan baik dari guru dan orang tua maupun sekolah. Setiap anak memiliki kelebihan dan talenta yang sebagian sudah tampak pada usia dini. Namun, tidak jarang pula masih ada kemampuan dan bakat lain yang baru muncul di usia remaja atau siswa yang sudah duduk di bangku SMA. Hal ini seringkali membuat kebanyakan siswa mengikuti minat temannya, memilih bidang yang sebenarnya kurang sesuai dengan bakat serta minat dirinya sendiri.

            Minat siswa dalam mempelajari alat musik Tradisional sangat lah penting. Mempelajari alat musik tradisional sama halnya kita melestarikan budaya Indonesia. Dalam penelitian ini peneliti khususnya membahawa minat siswa dalam mempelajari alat musik tradisional Batak Toba. Salah satu tempat belajar siswa dalam mempelajari musik yaitu disekolah. Sekolah mampu menyediakan kebutuhan siswa dalam menuangkan bakat serta keingintahuan belajarnya dalam bermain musik..

            Berbicara tentang minat, minat siswa terhadap kesenian dan kebudayaan yang bersifat tradisi semakin berkurang, karena masuknya budaya barat. Siswa cenderung lebih memilih kesenian yang kebarat-baratan. Minat siswa dalam mempelajari alat musik tradisional Batak Toba, siswa dapat mengikuti Pagelaran melalui minat atau keinginan tersendiri tanpa ada dorongan atau ajakan dari pihak lain. Secara Psikologi, minat itu sangat berpengaruh sekali dalam diri seorang pelajar untuk mencapai sesuatu yang diinginkan oleh pelajar itu sendiri. Minat siswa timbul karena adanya dorongan dari diri sendiri. 

Kontak

Alamat :

JL. BINJAI KM 7,8 / JL. SEKOLAH NO 402 LK. III CINTA DAMAI

Telepon :

061-8452601 - 061-8477417

Email :

methodist.6.medan@gmail.com

Website :

methodist-6.sch.id

Media Sosial :