Berita


Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2022

Tanggal 20 Mei selalu diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional atau yang disebut juga dengan Harkitnas. Hari Kebangkitan Nasional adalah sebuah momen di mana bangsa Indonesia pada tahun 1908 mulai membangkitkan semangat perjuangan untuk meraih kemerdekaan.

Pada tahun 2022 ini, Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 memiliki tema “Ayo Bangkit Bersama!”. Tema ini diangkat dalam rangka seruan kebangkitan bersama bangsa Indonesia setelah berjuang menghadapi pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama dua tahun lebih.

Pada peringatan harkitnas tahun 2022 ini SMA Methodist 6 Medan melakukan upacara penaikan bendera seperti biasanya namun pada peringatan tahun ini ada perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya yaitu beberapa siswa dipilih untuk mengenakan pakaian daerah, hal tersebut dilakukan bertujuan untuk memperkenalkan bahwa bangsa Indonesia adalah negara yang memiliki banyak keanekaragaman contohnya yaitu pakaian daerah dan suku bangsa. Walaupun memiliki keanekaragaman diharapkan Indonesia tetap bersatu. Kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa.

Sedikit melihat ke belakang, pada tanggal 20 Mei 1908 berdiri sebuah organisasi yang menjadi pelopor pergerakan nasional anak bangsa, yakni Boedi Oetomo. Boedi Oetomo merupakan organisasi pelajar yang bergerak di bidang sosial, ekonomi, dan kebudayaan yang bersifat non politik. 

Beberapa tokoh cendekiawan dan aktivis intelektual menjadi pemrakarsa organisasi ini. Sebut saja dr. Cipto Mangunkusumo, Gunawan, Suraji, dan R.T. Ario Tirtokusumo, dan juga beberapa mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Inlandsche Artsen). Selain berperan sebagai institusi pembelajaran bagi remaja-remaja pribumi, STOVIA sendiri menjadi wadah untuk mereka dalam menumbuhkan semangat nasionalisme. Di sana mereka bisa bertukar ide dan pemikiran untuk memajukan masyarakat pribumi.

Di masa sekarang, semangat Hari Kebangkitan Nasional tentunya masih tetap relevan dengan kondisi bangsa saat ini. Mari kita jadikan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 ini sebagai momentum untuk bangkit bersama dari berbagai tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia belakangan ini. Tak lupa juga di momen Hari Kebangkitan Nasional ini kita menundukkan kepala sejenak untuk mengenang jasa perjuangan para tokoh bangsa di masa lampau dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Tanpa mereka saat ini kita tidak akan merasakan manisnya kebebasan dan kemerdekaan.


Selamat memperingati hari kebangkitan nasional ke 114.

Ayo bangkit bersama untuk memulihkan negeri kita!


Kontak

Alamat :

JL. BINJAI KM 7,8 / JL. SEKOLAH NO 402 LK. III CINTA DAMAI

Telepon :

061-8452601 - 061-8477417

Email :

methodist.6.medan@gmail.com

Website :

methodist-6.sch.id

Media Sosial :